Friday, April 20, 2012

Hadis Nabi SAW Berkaitan Kambing

Assalamu'alaikum Wrmbth, Benarlah apa yang disebut Rasulullah SAW. Hari ini baru saya terbaca hadir riwayat imam bukhari ini. Sama-sama ambil manfaat.

Abu Dzar terkenal dengan sikap kritisnya kepada stail pentadbiran Muawiyah ra di Syria dan juga stail pentadbiran Khalifah Uthman ra di Medinah. Bila teguran dan kritikan beliau tidak diterima, beliau lebih suka mengasingkan diri di Rabazah, jauh dari kontroversi. Begitu juga Sufyan atsTsauri yang banyak mengkritik khalifah di zamannya dan bila suasana menjadi tegang, beliau lebih suka berada di sebuah lembah pergunungan yang jauh dari manusia.al-Hadis:

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي صَعْصَعَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ :قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوشِكُ أَنْ يَكُونَ خَيْرَ مَالِ الْمُسْلِمِ غَنَمٌ يَتْبَعُ بِهَا شَعَفَ الْجِبَالِ وَمَوَاقِعَ الْقَطْرِ يَفِرُّ بِدِينِهِ مِنْ الْفِتَنِ
Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah dari Malik dari Abdurrahman bin Abdullah bin Abdurrahman bin Abu Sha'Sha'ah dari bapaknya dari Abu Sa'id Al Khudri bahwa dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Hampir saja terjadi (suatu zaman) harta seorang muslim yang paling baik adalah kambing yang digembalakannya di puncak gunung dan tempat-tempat terpencil, dia pergi menghindar dengan membawa agamanya disebabkan takut terkena fitnah" (HR Bukhari, no 18)

Sumber: http://bicarathtl.blogspot.com/2012/04/la-tahzan-163-8-oku-boleh-menjadi-hebat.html

No comments:

Post a Comment